noy boy L.o.V.e angelinhere

noy boy L.o.V.e  angelinhere

Thursday, July 26, 2012

SOTR Vs Memberi Makan Orang Berbuka Puasa

By Angelinhere


Heihooo Readers,
Assalamualaikum ^_^

Pagi ini dapet inspirasi karena dengerin radio Hardrock Fm Jakarta, ada adlips tentang ramadhan yang kira-kira begini lah, kalo salah-salah maap yak :

Ayah : Ade, hari ini kamu mau buka puasa sama apa?
Anak : Aku pengen Burger, yah…
Ayah : Oh gitu, sekarang Ade bayangin, roti bulat yang dibelah jadi dua, di atasnya ada
daging sapi yang gurih nan tebal, keju meleleh, saus dan sayuran segar…
Anak : oke Ayah…
Ayah : Nah, sekarang Ade minum dulu air ini yah…
Anak : Lho kok rasanya kayak air putih, yah??

Terus muncul suara lain diluar dialog itu, (yang kira-kira isinya) :
Tidak semua orang bisa menikmati hidangan berbuka yang pantas…

Intinya sih itu adlips iklan untuk produk apalah gitu lupa… Nah, yang jadi concern nya Angelinhere, pernah gak kita berpikir saat kita berbuka dengan nikmatnya menikmati takjil es buah, candil atau makanan lezat lainnya, orang lain diluar sana mungkin belum berbuka, atau belum tau bisa berbuka dengan makanan apa….


The point is, ada baiknya kalo kita beramal di bulan puasa dengan cara salah satunya memberi makan orang berbuka… Memberi makan orang berbuka itu Angelinhere maknai dengan, memberikan hal semampu kita yang kiranya dapat digunakan minimal untuk membatalkan puasa.

Dibandingkan dengan SOTR (maksudnya Sahur On The Road), mungkin akan lebih baik dan aman (secara safety berkendaraan) kalau kita bisa beramal dengan memberi makan orang berbuka… Secara waktunya disore hari (dikala berbuka). Kedua, gak pilih kasih, mungkin bukan hanya orang yang tidak mampu, tapi juga orang yang sedang dalam perjalanan (misalkan motor, mobil, sepedah, etc) dan belum sempat berhenti untuk sekedar membasuh tenggorokannya dan berbuka puasa… Ketiga, relatively murah, karena yang kita bagikan biasanya takjil, jadi mungkin kita bisa membuat paket berbuka puasa (takjil) yang isinya Buah Kurma 2-3 pcs, permen 2-3 pcs, aqua gelas / minuman berrasa yang dikemas di cup (misal oky jelly, ale-ale, minuman natadecoco, dll), atau lebih simplenya es buah aja 1 cup. Mungkin untuk effort tersebut menimbulkan biaya per cup kurang lebih Rp. 3.000,- s/d Rp. 5.000,-

Untuk lebih ‘shahih’nya artikel ini, mungkin kita kutip sedikit cuplikan yang diambil dari blog sebelah.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,
مَنْ فَطَّرَ صَائِماً كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْءٌ (رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ وَقَالَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صحيح)
“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At Tirmidzi, beliau berkata, “Hadits Hasan Shahih”)

Para ulama berselisih pendapat tentang makna “Barangsiapa yang memberi buka bagi orang yang berpuasa”. Dikatakan bahwa yang diinginkan dengan memberi makanan berbuka di sini adalah memberikan hal minimal yang bisa membatalkan puasa seorang yang berpuasa, walaupun itu hanya sebutir kurma.

Dan sebagian ulama berkata bahwa yang diinginkan di sini adalah memberikan makanan pembuka yang mengenyangkan, karena inilah perkara yang memberikan manfaat bagi orang yang berpuasa sepanjang malam, dan terkadang cukup baginya sampai sahur.
Akan tetapi yang zhahir dari hadits ini adalah manusia apabila memberikan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa walau dengan sebutir kurma, maka dia akan mendapatkan pahala semisal pahala orang yang berpuasa tersebut.

--

Friends, ada info menarik - gak ada hubungannya sama cerita di atas sih, tapi berbagai informasi hadiah aja, boleh khaaan??? Nih, ada website belanja online yang namanya LAZADA: www.lazada.co.id
Naaah, lagi ada namanya promo Ramadhan Festival, salah satu quizes nya itu blog competition. Terlampir adalah persyaratannya :
Ketentuan untuk mengikuti Kompetisi Blog Lazada:
• Platform blog bebas (Wordpress , Blogspot , etc)
• Artikel atau blog harus berupa karya original penulis
• Artikel atau blog harus mengikuti tema yang telah ditetapkan
• Artikel atau blog harus terdiri minimum 800 kata
• Kontestan harus melakukan "Like" ke Facebook Lazada
• Kontestan harus follow dan mention @lazadaID dengan hashtag #LazadaKompetisi
• Kontestan harus melakukan "Like" pada salah satu produk Lazada yang muncul di review artikel
• Kontestan harus meletakkan banner Lazada di Blog yang diikutsertakan selama periode berjalan
Persyaratan Blog:
• Blog yang diikutsertakan harus memiliki minimum 10 artikel yang sudah ada sebelumnya
• Artikel / blog yang diikutsertakan adalah artikel yang baru ditulis
• Kontestan harus mengirim minimal 3 artikel dengan link ke homepage
• Lazada dan link ke produk Lazada sesuai dengan tema yang disediakan
Tema Penulisan untuk Artikel / Blog:
• My Ramadhan Resolution
• Online Shopping
• My Lazada Resolution
• My Favorite Lazada Product

Info lebih lanjut klik LAZADA.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...